Minggu, 23 September 2012

CONTOH RPP MEDUK SINAMO


ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran Bahasa IndonesiaKelas Semester 1Tahun Ajaran 2011/2012Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan
 
Standar Kompetensi
Mendengarkan
1.
 
Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung.
 
Kompetensi Dasar
1.2
 
Mengidentifkasi unsur sastra intrinsik dan ekstrinsik suatu cerita yang disampaikan secaralangsung/ melalui rekaman.
 
Indikator
 
Menyampaikan unsur-unsur intrinsik 
 
Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik 
 
Menanggapi unsur-unsur intrinsik dan unsur-unsur ekstrinsik yang disampaikan teman
 A.
 
Tujuan Pembelajaran
 
Siswa dapat menyampaikan unsur-unsur intrinsik 
 
Siswa dapat menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik 
 
Siswa dapat menanggapi unsur-unsur intrinsik dan unsur-unsur ekstrinsik yangdisampaikan teman
 B.
 
Ringkasan Materi Ajar
 
Unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, amanat)
 
Unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)
C.
 
Alokasi Waktu
2
 
X 45’
 
D.
 
Metode Pembelajaran
 
Penugasan
 
Demonstrasi
E.
 
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1a.
 
Kegiatan Pendahuluan
 
Memberikan motivasi siswa yaitu memberikan contoh berbagai pengalaman yang telahdilakukan.b.
 
Kegiatan Inti
 
EksplorasiNo Kegiatan Nilai Karakter1. Guru memberikan contoh pengalaman yang pernah dialami ataumemberikan contoh pengalaman dari tokoh yang sudah sukses.
 
 
ElaborasiNo Kegiatan Nilai Karakter1.2.Siswa menuliskan pengalaman pribadi sesuai dengan urutan waktu.Siswa membacakan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan,mengharukan,dsb) sesuai dengan ekspresi yang tepat.
 
KonfirmasiNo Kegiatan Nilai Karakter1.2.Guru memberikan penegasan tentang menuliskan pengalamanpribadi yang sesuai urutan waktu.Guru memberikan apresiasi penilaian terhadap hasil dari pembacaanpengalaman pribadi siswa sesuai dengan ekspresi yang ditimbulakan.c.
 
Kegiatan Penutupan
 
Guru memberikan evaluasi dan kesimpulanPertemuan ke-2d.
 
Kegiatan Pendahuluan
 
Guru mengingatkan kembali tentang materi pelajaran yang kemarin.e.
 
Kegiatan Inti
 
EksplorasiNo Kegiatan Nilai Karakter1. Guru memberikan gambaran/materi tentang unsur-unsur intrinsik danekstrinsik.
Rasa Ingin Tahu
 
 
ElaborasiNo Kegiatan Nilai Karakter1.2.Siswa menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik dalampengalaman pribadi masing-masing.Siswa menyampaikan hasil analisis pengalaman pribadi untuk ditanggapi oleh siswa lain.
Toleransi
 
 
KonfirmasiNo Kegiatan Nilai Karakter1.2.Siswa memberikan tanggapan (setuju atau tidak setuju) dari hasilanalisis temannya.Guru memberikan rangkuman unsur intrinsik dan ekstrinsik 
Mandiri
 f.
 
Kegiatan Penutupan
 
Guru menyimpulkan hasil kinerja siswa
F.
 
Sumber Belajar
LKS bahasa Indonesia
G.
 
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen1.
 
Menceritakansecara lisanpengalamanpribadi (yanglucu,menyenangkan,mengharukan,dsb)dengan pilihanTes praktik lisan Tes kinerja praktik Berikan contohpengalaman yangpaling menarik, danmendapat responyang bagus dariteman!
 
kata dan ekspresiyang tepat.2.
 
Menaggapipengalamanpribadi yangdisampaikanmenanggapi(setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik danekstrinsik yangdisampaikanteman.
 
Tes praktik lisan Tes kinerja praktik 1.
 
Sebutkan unsur-unsur intrinsik dari pengalamanpribadi teman?2.
 
Sebutkan unsurekstrinsik pengalamanpribadi dariteman!3.
 
Jelaskan analisisunsur intrinsik dan unsurekstrinsik penganlamanpribadi sendiri!SIANTAR 23,09,2012Mengetahui,Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran------------------------------------------------------------   MEDUK SINAMO 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar